Follow by Email

Friday, September 17, 2010

Pentingnya Kekuatan Mental

Mengapa kekuatan mental penting? Apa saja yang mampu menyerang mental kita sehingga perlu diwaspadai,apakah kekuatan mental tersebut mampu membuat kehidupan kita menjadi lebih sukses, lebih baik, bahkan harapan dan asa yang kita inginkan tercapai, apa kehebatan dari kekuatan mental kita sehingga berhasil tidaknya seseorang dipengaruhi oleh mental juara yang ada dalam dirinya.

Beberapa hal yang mampu menyerang mental adalah : stress, depresi, frustasi, kehilangan, kegagalan, pengkhianatan, pembunuhan karakter, fitnah, gosip, isu, kabar burung, penilaian negative, judgement, stereotype, sebutan atau julukan. Beberapa hal tersebut dapat mengancam integritas individu,jika tidak ditopang dengan mekanisme koping yang kuat maka seseorang dapat terjatuh dalam gangguan jiwa. Serangan terhadap mekanisme bisa bersifat tunggal atau jamak. Serangan terhadap mekanisme koping akan menguras tenaga extra untuk melepaskan diri dari stress atau beban pikiran.

Langkah- langkah apa yang dapat kita lakukan untuk memperkuat benteng pertahanan diri?

Support system yaitu mencari dukungan dari orang - orang terdekat, apakah tetangga,sahabat,teman atau siapapun yang menurut kita mampu memberikan dukungan terhadap kita.

Avoidance dan exit strategi, menghindar atau strategi keluar atau memutuskan kontak dengan stressor. Manusia bisa menjadi pemicu munculnya stressor bagi manusia lain ex: orang yang di phk,orang yang ditolak cintanya, orang yang mengalami perceraian atau perpisahan.

Pendekatan spiritual, spiritual adalah sebuah inner journey seorang manusia untuk menemukan jawaban atas pertanyaan "who am i, who is god, when a people die, apa tujuan hidup, apakah keyakinan saya selama ini salah atau benar, apakah kebahagiaan itu. Menjawab pertanyaan - pertanyaan seperti ini membutuhkan sebuah mental yang kuat agar tidak keluar rel.

Mengekspresikan perasaan,jika kita mampu mengekspresikan perasaan dengan baik maka kita akan berusaha untuk menjaga diri.

Cari alternatif pemecahan lain, dengan press release, press confrence, statement di media massa, menulis diblog, menulis buku atau novel, menyewa iklan untuk menayangkan informasi yang sebenarnya.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...