Follow by Email

Friday, December 16, 2011

Fakta Terbaru!!!1 dari 5 Ibu tertekan jadi Orangtua

Siapa bilang menjadi orangtua itu mudah? Buktinya menurut hasil riset terbaru, satu dari lima ibu mengaku sangat lelah dengan tekanan hidup sebagai orangtua. Para ibu tersebut juga merasa mereka hanya bisa menghabiskan setengah waktu luangnya untuk bermain dengan balita mereka.

Survei di atas dibuat oleh stasiun televisi Cartoonito saat meluncurkan akun Facebook komunitas untuk orangtua. Dalam survei itu 2.200 ibu yang memiliki anak usia pra sekolah menjadi responden.

Dalam survei itu ditemukan, 2/3 ibu rumah tangga mengaku menyuruh anak mereka untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah yang mudah. 1 dari 10 ibu tersebut juga menyisihkan setidaknya 20% dari pendapatan keluarga untuk membayar orang lain yang membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Berbagai cara tersebut dilakukan agar mereka bisa istirahat sejenak dan menghabiskan waktu yang lebih berkualitas bersama anak-anak.

Penelitian Cartoonito itu juga mengungkapkan, para ibu yang tidak bekerja di luar rumah ini, sangat sulit menemukan waktu untuk memanjakan diri sendiri. 70% ibu yang menjadi responden mengaku menggunakan waktu ketika bisa bebas dari anak-anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau berbelanja kebutuhan keluarga. Hanya 1/3 ibu yang bisa menghabiskan waktunya dengan tidur.

Berdasarkan survei tersebut, psikolog keluarga Dr Pat Spungin menyarankan pada para ibu untuk meminta bantuan orang lain jika mereka memang sudah sangat kelelahan. "Ibu seharusnya tidak merasa bersalah untuk minta bantuan orang lain sehingga mereka bisa punya waktu untuk diri sendiri," ujar Spungin seperti dikutip dari Female First.

"Untuk para ibu dengan anak di usia pra sekolah, masa-masa itu bisa sangat membuat stres. Terutama jika Anda adalah ibu rumah tangga tanpa ada saudara yang bisa dimintai bantuan. Anak-anak balita itu punya energi yang tidak terbatas dan banyak pertanyaan saat mereka senang dan bisa jadi tantrum saat mereka kesal," tuturnya lagi.

Menurut Spungin, menjadi seorang ibu adalah sebuah pekerjaan yang tidak mengenal waktu. Sehingga sangat wajar jika ibu merasa kelelahan di penghujung hari, terutama jika mereka tak mendapatkan bantuan pihak lain.

"Orang dulu punya keluarga yang besar sehingga dapat diminta bantuan. Tapi sekarang, banyak ibu yang tinggal berjauhan dari keluarga besarnya sehingga mereka harus meminta bantuan orang yang memang ahli jika mereka ingin istirahat," jelas Spungin.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...