Follow by Email

Thursday, December 15, 2011

Orang Muda Lebih Sering Merasa Kesepian dibandingkan dengan Orang Tua

Berada di lingkungan ramai tidak menjamin kita bebas rasa sepi lho, sebaliknya walaupun sendirian, dengan tehnologi  sekarang kita juga bisa mengurangi rasa sepi itu.
Banyak orang takut akan datangnya hari tua karena khawatir kesepian serta mengisolasi diri. Namun penelitian di Inggris mengungkap, seseorang merasa bahagia justru saat usianya mencapai 75 tahun ke atas.
Dalam studi ini terungkap, rasa kesepian semakin berkurang dan merasa lebih senang dengan lingkungan lokal saat seseorang tumbuh dewasa.
Seperti dikutip dari laman The Telegraph, temuan berkebalikan dengan stereotip bahwa usia tua menandakan isolasi diri dan ketidakbahagiaan. Hasil survei menunjukkan bahwa perasaan isolasi sosial justru lebih umum terjadi di kalangan kaum muda.
Berdasarkan survei terhadap 1.867 orang dewasa di Inggris, peneliti ingin mengetahui tentang harapan dan pengalaman hidup seseorang di usia senja. Sebanyak 72 persen responden berusia 75 tahun ke atas mengaku tidak pernah merasa kesepian, dibandingkan dengan 51  persen responden usia 16-34 tahun.
Sepuluh persen dari orang berusia antara 65 dan 74 tahun mengatakan bahwa mereka kadang-kadang atau sering kesepian. Sedangkan mereka yang berusia 50 sampai 59 tahun, 21 persen merasa kesepian.
Peneliti mengatakan, "Usia puncak seseorang merasa terisolasi adalah 50-59 tahun yang mungkin berhubungan dengan anak-anak, mulai meninggalkan rumah dan, bagi sebagian orang yang memasuki usia pensiun dini".
Tujuh puluh dua persen dari orang berusia 75 tahun ke atas juga percaya, lingkungan mereka adalah tempat yang baik untuk menjalani hari tua. Hanya 58 persen dari mereka pada usia 50 tahunan memberikan jawaban positif. Sementara hanya 36 persen usia 21-36 tahun yang memberikan jawaban positif..
Saat usia semakin renta, pikiran seseorang akan lebih optimistis mengenai harapan hidup dari pada kaum muda. Rata-rata, pria di atas 65 tahun memperkirakan bahwa mereka akan hidup sampai 87 tahun, dan wanita di grup yang sama meramalkan usia harapan hidupnya mencapai 88 tahun.
Bagi mereka yang berusia 16-34 tahun, memperkirakan bahwa umur mereka akan berakhir di usia 79 tahun untuk pria dan 80 untuk wanita.
Survei yang dilakukan untuk Department for Work and Pensions di Inggris menegaskan bahwa pembalap Inggris rata-rata percaya 'usia lanjut' dimulai sekitar usia 59 tahun, lebih awal daripada mayoritas negara Eropa.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...