Follow by Email

Saturday, December 17, 2011

Kemampuan Bicara Pengaruhi Prestasi Anak

Sejak bulan-bulan awal kelahirannya, bayi mulai mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara lisan. Kata-kata pertama umumnya mulai muncul saat usia anak mendekati satu tahun.

Jika anak masih sulit berbicara pada usia dua tahun, ada baiknya orangtua lebih perhatian atas kemampuan berbahasa si kecil. Sebuah studi terbaru yang dirilis Jurnal Parent and Children menyebut, anak yang masih berjuang untuk berbicara pada usia dua tahun lebih cenderung kesulitan belajar saat masuk sekolah dasar.

Studi yang melibatkan lebih dari 9.000 anak ini juga menunjukkan, anak yang banyak melakukan aktivitas yang melibatkan buku dan perpustakaan seperti mendongeng pada usia dua tahun ke atas memiliki prestasi yang lebih baik dibanding teman sebaya saat bersekolah.

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti Universitas Edinburgh, Universitas Inggris, Universitas Bristol dan Universitas Sheffield. Ilmuwan melihat bagaimana lingkungan anak belajar berkomunikasi memengaruhi kesiapan mereka bersekolah.


Temuan menunjukkan, pemahaman dan penggunaan kata, kemampuan anak merangkai dua atau tiga kalimat kata pada usia dua tahun sangat terkait dengan kemampuan mereka ketika mulai sekolah.

"Perkembangan bahasa pada usia dua tahun dapat digunakan untuk memprediksi anak-anak pada masuk ke sekolah dasar," ucap peneliti seperti dikutip dari Scotsman.
Menurut ahli, supaya anak mengembangkan kemampuan berbahasa, ajak dia berkomunikasi. Sembari mengucapkan kalimat, beri bahasa isyarat yang sesuai. Perlahan, ia akan mengerti satu isyarat berarti satu kata tertentu. Dia pun akan makin fasih berbicara. Aktivitas mendongeng sebelum tidur juga terbukti membantu kemampuan berbahasa anak

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...