Follow by Email

Tuesday, January 10, 2012

Ternyata Kera Besar Mampu Memperhitungkan Resiko Sebelum Bertindak

Simpanse, orangutan, gorila, dan bonobo membuat keputusan lebih baik dari yang diduga sebelumnya. Kera besar mempertimbangkan kesuksesan mereka berdasarkan apa yang mereka ketahui dan kemungkinan berhasil ketika menebak, menurut sebuah studi peneliti MPI, Daniel Haun, diterbitkan tanggal 21 desember dalam jurnal online PLoS ONE.
Pengarang studi ini, dipimpin oleh  Daniel Haun dari Max Planck Institutes for Psycholinguistics (Nijmegen) dan Evolutionary Anthropology (Leipzig), menyelidiki perilaku dari empat spesies kera besar non manusia. Kera diberikan dua potong pisang: yang kecil, yang selalu ada di tempat yang sama, dan yang besar, yang tersembunyi dalam satu dari banyak cangkir, dan karenanya merupakan pilihan yang beresiko.
 Para peneliti menemukan kalau pilihan kera besar diatur oleh ketidakpastiannya dan kemungkinan sukses untuk pilihan beresiko, menunjukkan proses pembuatan keputusan yang baik. Kera memilih potongan kecil lebih sering ketika mereka tidak yakin dimana pisang besar disembunyikan. Semakin kecil kemungkinan menebak benar, semakin sering mereka memilih potongan kecil.
 Para peneliti juga menemukan kalau kera mencari pisang besar – dan mengambil resiko tidak dapat apapun – tidak kurang dari 50% waku. Pembuatan keputusan beresiko ini meningkat hampir 100% ketika perbedaan ukuran antara kedua pisang paling besar. Sementara semua spesies menunjukkan strategi pengambilan keputusan yang baik, simpanse dan orangutan lebih mungkin membuat pilihan beresiko ketimbang gorila dan bonobo. Alasan pasti atas hal ini masih belum diketahui.
 Haun menyimpulkan: “Studi kami menambah bukti kalau kehidupan mental dari kera besar lainnya jauh lebih hebat daripada yang sering diasumsikan.”
Sumber berita:
  Max-Planck-Gesellschaft

Bila anda merasa blog ini membawa manfaat bagi anda, dan jika anda merasa tidak mempunyai waktu untuk berkomentar di blog ini, maka anda bisa me Like Filsafat dan Psikologi on Facebook untuk blog ini pada samping kanan blog ini. Semoga bermanfaat...

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...