Follow by Email

Wednesday, January 18, 2012

Foto Ngeri!!! Suku Papua Memotong Jari Untuk Berduka

Ntah apa yang dilakukan suku Papua ini.Tapi inilah kenyataannya,Karena ada salah satu keluarganya yang meninggal dunia,maka jaripun harus dipotong.Itulah yang dilakukan Suku Dani Papua sebagai ungkapan kesedihan pada upacara pemakaman.Selain diamputasi,mereka juga mengolesai wajah dengan abu dan tanah liat.
Ritual ini sebagai besar dilakukan oleh perempuan.Ritual yang cukup mengerikan,dimana keyakinan agama suku yang telah memintanya melakukan ritual ini.Jika orang yang telah meninggal dianggap sakti,diyakini pula roh mereka akan mengandung kekuatan juga.Dalam rangka menenangkan roh-roh,mereka para gadis yang memiliki hubungan dengan mayit melakukan mutilasi pada jari-jari mereka.Sebelum dimutilasi,jari akan diikat dengan string kurang lebih 30 menit,selanjutnya diamputasi dan dibiarkan untuk kering.
Foto dari http://www.dgrin.com/showthread.php?t=55842
Penjelasan yang lain tentang pemotongan jari adalah untuk melambangkan penderitaan danrasa sakit karena kehilangan orang yang dicintai.Dalam pemotongan ini,jari akan dipotong oleh keluarga terdekat,seperti ayah,ibu atau saudara.
Konon ritual ini telah berhenti dan dilarang beberapa tahun terahir.Namun,wanita tua dari suku ini sering terlihat jari dipotong semua.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...