Follow by Email

Saturday, January 8, 2011

Manfaat Browsing Bagi Otak Kita

Browsing, browsing, dan browsing merupakan suatu kegiatan yang sudah menjadi kebutuhan disetiap harinya, banyak yang bisa kita peroleh lewat jejaring berbasis IT. Ternyata dibalik kebiasaan browsing tersebut, ada manfaat yang positif. Karena pada saat masuk ke dalam interaksi di dunia maya, kita perlu menimbang dan mengambil keputusan secara seksama.
Informasi mana yang sebaiknya kita baca dan mana yang lebih diabaikan. Sehingga membuat sel-sel otak kita bekerja aktif. Secara mental, kegiatan ini juga jauh lebih menarik dibandingkan membaca buku yang tebal dan berat, demikian pendapat para ilmuwan di UCLA.
Banyak penelitian telah menemukan bahwa aktivitas mental yang menantang seperti bermain puzzle dapat membantu menjaga fungsi otak, namun hanya sedikit yang melihat peranan yang mungkin dimainkan oleh internet.
Studi yang mereka lakukan mendapati, ketika kita browsing, ada satu sirkuit saraf otak yang terangsang aktif. Hal ini tidak didapati pada orang yang sedang membaca buku. Tak hanya itu. Hasil scan MRI juga menunjukkan aktivitas otak meningkat hingga 3 kali lipat pada orang yang rutin menjelajah internet, dibanding yang baru berkenalan dengan internet.
Seperti yang dilansir dari detik.com bahwa surfing internet sejam dalam sehari selama 5 hari bisa membuat bagian otak depan jadi lebih aktif, yang berhubungan dengan tingkat kecerdasan (IQ) yang juga bisa ikut meningkat.

Reactions:

1 comments:

  1. hehhehhe mosok c?? baru tahu aq... wah jadi seneng punya modem sendiri...bs browsing tiap hari

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...